Pages

Subscribe:

Jumat, 02 Desember 2011

ARTIKEL BANJIR


ARTIKEL TENTANG BANJIR

Banjir adalah dimana suatu daerah dalam keadaan tergenang oleh air dalam jumlah yang begitu besar. Sedangkan banjir bandang adalah banjir yang datang secara tiba-tiba yang disebabkan oleh karena tersumbatnya sungai maupun karena pengundulan hutan disepanjang sungai sehingga merusak rumah-rumah penduduk maupun menimbulkan korban jiwa.
Bencana banjir hampir setiap musim penghujan melanda Indonesia. Berdasarkan nilai kerugian dan frekuensi kejadian bencana banjir terlihat adanya peningkatan yang cukup berarti. Banjir pun pernah melanda mojokerto pada tahun 2005. ketika itu banjir menerjang hampir seluruh kota maupun kabupaten mojokerto. Banjir itu tidak hanya membawa air tetapi juga lumpur.
Ada beberapa penyebab banjir antara lain :

  • Ilegal Loging (Penebangan hutan liar)
  • Bertumpuknya sampah pada saluran air, sehingga terjadi penyumbatan pada saluran air.
  • Tidak adanya lagi tanah resapan untuk digunakan air sebagai tempat baginya beristirahat dikala hujan turun. tidak ada lagi lahan hijau sebagai tempat resapan air tanah. akibatnya, ketika hujan tiba, tanah menjadi tergerus oleh air dan kemudian air terus meluncur tanpa adanya penghalang alami yang kemudian menyebabkan banjir. dan masih banyak lagi penyebab-penyebab banjir yang lainya.

Dari penyebab banjir diatas dapat disimpulkan  bahwa kebanyakan banjir disebabkan oleh ulah manusia ,maka Dari itu kita seharusnya sadar  bahwa kita melakukan perbuatan yang  salah dan pasti ada balasannya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar